Entri yang Diunggulkan
peran karangtaruna dalam menanggulangi wabah covid-19
EDUKASI DAN PERAN KARANGTARUNA DALAM MENANGGULANGI BAHAYA WABAH COVID-19 DI DESA JATIREJO Desa Jatirejo adalah desa yang terletak di sebel...
Sabtu, 16 Desember 2017
SILABUS FIKIH kelas 5
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Fikih
Kelas : 5 (Lima)
Semester : 1 (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3 (4) (5) (6)
1.1. Meyakini bahwa bersuci adalah perintah Allah Menanamkan keyakinan akan nilai-nilai kebenaran bersuci adalah perintah Allah Non Tes
- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar siswa
- Jurnal
2.1 Membiasakan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid Membimbing pembiasaan sikap bersih dan rapi sebagai implementasi pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid Non Tes
- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar siswa
- Jurnal
3.1 Memahami mandi wajib setelah haid
Bersuci Dari Haid Mengamati
- Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa. - Tulis
- Lisan
- Penugasan 9 TM (18x35) - Al-Quranul Karim
- Buku Pedoman
- Mendengarkan uraian guru tentang macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Menanya
- Menanyakan macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
- Memberi kan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas
- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang macam macam bersuci
, tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Mengeksplorasi
- Menentukan sumber informasi yang berkaitan dengan
macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
- Buku fikih sunah
- Buku fikih Sulaiman Rasyid
- Buku penunjang lainnya yang relevan
- Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajara n
haid
- Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Mengasosiasikan
- Mencari hubungan antara macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu
, ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
- Unjuk Kerja
- Proyek
- Produk
- Portofolio
4.1 Mensimulasikan mandi wajib
setelah haid
- Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
- Mensimulasikan tata cara bersuci dari haid
1.2 Menerima ketentuan khitan Menanamkan nilai-nilai dari
ajaran perintah dan ketentuan khitan dalam kehidupan sehari- hari Non Tes
- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar siswa
- Jurnal
1.3 Membiasakan perilaku tanggung
jawab dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan khitan Membimbing kepemilikan sikap
tanggung jawab percaya diri sebagai implementasi perintah dan ketentuan khitan Non Tes
- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar siswa
- Jurnal
1.4 Mmahami ketentuan khitan Khitan Mengamati
- Mengamati ilustrasi gambar yang berkaitan dengan materi yang dibahas
- Mendengarkan uraian guru tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Menanya
- Menanyakan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata - Tulis
- Lisan
- Penugasan 5 TM
(10x35) - Al-Quranul
Karim
- Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
- Buku fikih sunah
- Buku fikih
1.5 Mensimulasikan pelaksanaan khitan cara khitan
- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Mengeksplorasi
- Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
- Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Mengasosiasikan
- Mencari hubungan antara pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis hasil temuannya yang berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Mengkomunikasikan Sulaiman Rasyid
- Buku penunjang lainnya yang relevan
- Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajara n
- Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
- Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
- Menceritakan kisah disyaratkannya khitan kepada Nabi Ibrahim
- Mensimulasikan tata cara khitan - Unjuk Kerja
- Proyek
- Produk
- Portofolio
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Fikih
Kelas : 5 (Lima)
Semester : 2 (Genap)
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1.1. Menghayati Penanaman nilai-nilai yang Non Tes
hikmah terkandung dalam perintah kurban - Observasi
ketentuan - Penilaian Diri
kurban - Penilaian antar siswa
- Jurnal
2.1 Menunjukkan Penanaman perilaku ikhlas sebagai Non Tes
sikap rela implementasi dari perintah kurban - Observasi
menerima - Penilaian Diri
ketentuan - Penilaian antar siswa
kurban - Jurnal
2.2 Memiliki sikap Penanaman perilaku peduli sebagai Non Tes
empati dan implementasi dari perintah kurban - Observasi
simpati kepada - Penilaian Diri
kaum dhuafa - Penilaian antar siswa
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
sebagai
implementasi makna ibadah kurban - Jurnal
3.1. Memahami
ketentuan kurban
3.2 Mengetahui hikmah kurban Kurban Mengamati
- Mengamati ilustrasi gambar yang terkait dengan ketentuan kurban
- Mendengarkan uraian guru tentang pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
Menanya
- Menanyakan tentang pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
- Memberikan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas
- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara - Tulis
- Lisan
- Penugasan 4 TM
(8 x 35) - Al-
Quranul Karim
- Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
- Buku fikih sunah
- Buku fikih Sulaiman Rasyid
- Buku penunjang lainnya yang relevan
- Lingkunga n sekitar
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
Mengeksplorasi
- Menentukan sumber informasi yang berkaitan dengan pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
- Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
Mengasosiasikan
- Mencari hubungan antara pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari yang mendukun g pembelajar an
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
4.1. Mendemonstra - Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
- Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, dalil, waktu, syarat, hikmah, dan tata cara menyembelih hewan kurban dan pembagian dagingnya
- Menceritakan kembali kisah tentang perintah berkurban kepada Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS
- Mendemonstrasikan tata cara berkurban
sikan tata cara - Unjuk Kerja
kurban - Proyek
- Produk
- Portofolio
1.2. Meyakini haji Penanaman keyakinan syariat Islam Non Tes
merupakan tentang haji sebagai perintah Allah - Observasi
perintah Allah SWT - Penilaian Diri
SWT - Penilaian antar siswa
- Jurnal
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
2.2 Membiasakan
perilaku disiplin dan tanggungjawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan ibadah haji Membimbing penanaman sikap
disiplin tanggungjawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan ibadah haji Non Tes
- Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar siswa
- Jurnal
3.2 Memahami tata
cara haji Haji Mengamati
- Mengamati ilustrasi gambar/video yang terkait dengan pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
- Mendengarkan uraian guru tentang pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
Menanya
- Menanyakan pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
- Memberi kan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru - Tulis
- Lisan
- Penugasan 6 TM (12x35) - Al-
Quranul Karim
- Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
- Buku fikih sunah
- Buku fikih Sulaiman Rasyid
- Buku penunjang lainnya yang
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
atau teman sekelas
- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
Mengeksplorasi
- Menentukan sumber informasi yang berkaitan dengan pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
- Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
Mengasosiasikan
- Mencari hubungan antara pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji. relevan
- Lingkunga n sekitar yang mendukun g pembelajar an
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
- Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
- Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, dalil, syarat wajib, rukun, wajib, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara haji.
- Mensimulasikan tata cara haji
- Unjuk Kerja
- Proyek
- Produk
- Portofolio
4.2. Mensimulasika
n tata cara haji
1.1 Meyakini Penghayatan hikmah Membimbing penghayatan hikmah Non Tes
umrah sebagai umrah sebagai umrah sebagai perintah Allah SWT - Observasi
perintah Allah perintah Allah SWT - Penilaian Diri
SWT. - Penilaian antar siswa
- Jurnal
2.3. Membiasakan Penanaman sikap Membimbing menanamakan sikap Non Tes
perilaku perilaku disiplin dan perilaku disiplin dan tanggungjawab - Observasi
disiplin dan tanggungjawab serta serta peduli sebagai implementasi - Penilaian Diri
tanggungjawab peduli sebagai dari pemahaman terhadap ketentuan - Penilaian antar siswa
serta peduli implementasi dari ibadah umrah - Jurnal
sebagai pemahaman
implementasi terhadap ketentuan
dari ibadah umrah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
pemahaman
terhadap ketentuan ibadah umrah
3.3 Memahami tata
cara umrah Umrah Mengamati
- Mengamati ilustrasi gambar/vidio yang terkait dengan pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
- Mendengar kan uraian guru tentang pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
Menanya
- Menanyakan pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
- Memberi kan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas
- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah. - Tulis
- Lisan
- Penugasan 4 TM
(8 x 35) - Al-
Quranul Karim
- Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
- Buku fikih sunah
- Buku fikih Sulaiman Rasyid
- Buku penunjang lainnya yang relevan
- Lingkunga n sekitar
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
4.3. Mensimulasikan tata cara umrah
Mengeksplorasi
- Menentukan sumber informasi yang berkaitan dengan pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
- Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
Mengasosiasikan
- Mencari hubungan antara pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
- Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau
- Unjuk Kerja
- Proyek
- Produk
- Portofolio yang mendukun g pembelajar an
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
wawancara di lapangan
- Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, dalil, rukun, sunnah, larangan, hikmah, dan tata cara umrah.
- Mensimulasikan tata cara umrah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar