Entri yang Diunggulkan

peran karangtaruna dalam menanggulangi wabah covid-19

EDUKASI DAN PERAN KARANGTARUNA DALAM MENANGGULANGI BAHAYA WABAH COVID-19 DI DESA JATIREJO Desa Jatirejo adalah desa yang terletak di sebel...

Sabtu, 16 Desember 2017

silabus SKI kelas 5

SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas : 5 (Lima) Semester : I (Ganjil) Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air. KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 1.1 Menghayati keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan kafir Quraisy Menanamkan kesadaran siswa akan pentingnya sikap disiplin dalam menjalankan perintah Allah SWT. sebagai implementasi dari penghayatan terhadap keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan Kafir Quraisy - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal 2.1 Merefleksikan Membiasakan sikap - Observasi Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan Kafir Quraisy dalam kehidupan sehari- hari perwira dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi terhadap keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan Kafir Quraisy dalam kehidupan sehari- hari. - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal 3.1Mengetahui keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan Kafir Quraisy Keperwiraan Nabi Muhammad SAW. Mengamati: - Mengamati dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku /syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran Menanyakan: - Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/media/ cerita/ buku /syair. Mengeksplorasi: - Menggali dan mengumpulkan informasi dengan membaca buku lain - Tes Tulis - Tes Lisan - Penugasan 6 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 selain buku teks atau mengamati obyek. - Melakukan tanya jawab tentang materi - Menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan kota Mekkah dari serangan Kafir Quraisy Mengasosiasi: - Merumuskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan kota Mekkah dari serangan Kafir Qurais. - Merumuskan bukti keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam mempertahankan kota Mekkah dari serangan Kafir Quraisy - Bersama-sama membuat kesimpulan - Mengambil hikmah dari sikap Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 4.1Menceritakan keperwiraan Nabi. Muhammad SAW. dalam mempertahankan Kota Madinah dari serangan Kafir Quraisy keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam perilaku sehari-hari Mengkomunikasi: - Menuliskan cerita tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW. dalam Perang Badar, Perang Uhud, dan Perang Khandaq dengan bahasa sendiri. - Memajang tulisan pada papan pajangan kelas. - Melakukan refleksi. - Unjuk Kerja - Proyek - Produk - Portofolio 1.3Mengamalkan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). Membimbing siswa dalam mengamalkan nilai-nilai positif sebagai cerminan dari upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal - 2.3Menunjukkan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah Menanamkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri sebagai implementasi dari upaya yang dilakukan Nabi - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan) dalam kehidupan sehari- hari. Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan) dalam kehidupan sehari-hari. - Jurnal 3.3. Memahami upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). Upaya Nabi Muhammad SAW. dalam Membina Masyarakat Madinah Mengamati: Mengamati dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku /syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran Menanya: Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku /syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran Mengekplorasi: - Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat. - Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab. - Mengidentifikasi - Tes tulis - Tes lisan - Penugasan 6 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD - Lingkungan Masyarakat Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). - Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). Mengasosiasi: - Merumuskan hasil diskusi tentang upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). - Menghubungkan hikmah dari upaya Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah dengan kehidupan Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 4.3 Menceritakan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. dalam membina masyarakat Madinah (Sosial, Ekonomi, Agama, dan Pertahanan). sekarang. - Bersama-sama membuat kesimpulan. Mengkomunikasi: - Menyebutkan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Terhadap masyarakat Madinah - Menulis dan membacakan hasil diskusi secara bergiliran di depan kelas. - Bercerita secara lisan/tertulis tentang upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. Terhadap masyarakat Madinah - Melakukan refleksi - Unjuk Kerja - Proyek - Produk - Portofolio 1.2.Berkomitmen mengamalkan nilai- nilai positif dari sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah. . Menanamkan sikap komitmen dalam mengamalkan nilai-nilai positif sebagai implikasi dari pemahaman terhadap sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 1.4Menghayati cara- cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. Menanamkan sifat-sifat positif sebagai implementasi dari penghayatan terhadap cara-cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. 2.2 Menunjukkan nilai-nilai positif dari sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah dalam kehidupan sehari- hari. 2.4Meneladani cara- cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Menanamkan sikap peduli, santun, pemaaf, dan tanggung jawab sebagai implementasi dari penghayatan terhadap cara-cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. Membiasakan perilaku peduli, santun, pemaaf, dan tanggung jawab sebagai implementasi dari penghayatan terhadap cara-cara - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. . Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. 3.2 Mengetahui sebab- sebab terjadinya Fathu Makkah 3.4Memahami cara- cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah. Kemenangan di Kota Mekkah Mengamati: - Mengamati dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku /syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran Menanya: Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku /syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran Mengeksplorasi: - Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat. - Mendiskusikan sebab-sebab - Tes tulis - Tes lisan - Penugasan 14 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 4.2Menceritakan sebab- sebab terjadinya terjadinya Fathu Makkah secara berkelompok - mengidentifikasi cara-cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah Mengasosiasi: - Merumuskan sebab- sebab terjadinya peristiwa Fathu Makkah - Merumuskan cara- cara Rasulullah SAW. Dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah Mengkomunikasi: - Menulis laporan tentang sebab-sebab - Unjuk Kerja - Projek Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1 3 4 5 6 7 Fathu Makkah. 4.4 Menceritakan cara- cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah terjadinya Fathu Makkah dan cara-cara Rasulullah SAW. dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam peristiwa Fathu Makkah . - Membacakan hasil diskusi tentang peristiwa Fathu Makkah. - Memajang hasil diskusi di papan pajangan - Melakukan refleksi. - Produk - Portofolio SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas : V (Lima) Semester : II (Genap) Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, sertcinta tanah air. KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencermin perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Menghayati peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. Mengembangkan sikap taat menjalankan agama sebagai implementasi dari menghayati peristiwa- peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal 2.1 Menunjukkan hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW. dalam kehidupan. Membiasakan perilaku disiplin, tanggung jawab, santun, dan peduli dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari hikmah peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW. - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal 3.1 Mengetahui peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. Aku Rindu Padamu Ya Rasul Mengamati: - Mengamati dengan cermat gambar/peta/ - Tes Lisan - Tes Tertulis - Penugasan 8 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar media/ cerita/ syair lagu yang relevan dengan materi pembelajaran. Menanya: - Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan pesan gambar/ isi cerita. Mengeksplorasi: - Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat. - Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab. - Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Mendiskusikan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. Mengasosiasi: - Menganalisis peristiwa- peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Merumuskan fakta tentang peristiwa- peristiwa di akhir hayat - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. Rasulullah SAW. - Merumuskan hasil diskusi tentang peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Menghubungkan hikmah/ibrah peristiwa- peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. dengan kehidupan di masa sekarang. - Bersama-sama membuat kesimpulan. Mengkomunikasi: - Menyebutkan secara lisan/ tertulis peristiwa- peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Mempresentasikan hasil diskusi. - Menceritakan kembali secara lisan/tertulis peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW. - Melakukan refleksi. - Unjuk Kerja - Projek - Produk - Portofolio 1.2 Mengamalkan contoh nilai-nilai kesalehan dari khalifah Abu Bakar as- Siddiq r.a. Membiasakan sikap taat menjalankan agama dalam kehidupan sehari-hari - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar sebagai implementasi mengamalkan contoh nilai-nilai kesalehan dari khalifah Abu Bakar as- Siddiq r.a. Teman - Jurnal 2.2 Meneladani kepribadian Khalifah Abu Bakar as-Siddiq r.a. dalam kehidupan sehari-hari. Membiasakan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan peduli dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari meneladani kepribadian Khalifah Abu Bakar as- Siddiq r.a. - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal/Catatan 3.2 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Siddiq r.a. Abu Bakar as-Siddiq r.a. Sang Pembenar Mengamati: - Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita yang relevan dengan materi pembelajaran. Menanya: - Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita. Mengeksplorasi: - Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat. - Tes lisan - Tes tertulis - Penugasan 8 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 4.2 Menceritakan kepribadian Abu Bakar as-Siddiq r.a. dan perjuangannya dalam dakwah Islam. - Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab. - Mengidentifikasi kepribadian, perjuangan, dan nilai-nilai positif khalifah Abu Bakar as- Siddiq untuk diteladani dalam kehidupan sehari- hari. - Mendiskusikan materi pembelajaran. Mengasosiasi: - Merumuskan hasil diskusi. - Menganalisis kepribadian, perjuangan, dan nilai-nilai positif khalifah Abu Bakar as- Siddiq untuk diteladani dalam kehidupan sehari- hari. - Mengembangkan sikap yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari. - Bersama-sama membuat kesimpulan. Mengkomunikasi: - Menyebutkan secara - Unjuk Kerja - Projek Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar lisan/ tertulis contoh- contoh kepribadian, perjuangan, dan nilai positif khalifah Abu Bakar as-Siddiq. - Mempresentasikan hasil diskusi. - Bercerita secara lisan/ tertulis tentang kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam. - Menunjukkan sikap meneladani khalifah Abu Bakar as-Siddiq. - Melakukan refleksi. - Produk - Portofolio 1.3Mengamalkan contoh nilai-nilai kesalehan dari khalifah Umar bin Khattab r.a. Menunjukkan sikap yang baik kepada sesama sebagai bentuk manifestasi dari kesalehan Umar bin Khattab r.a. Non Tes - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman -Jurnal - 2.3 Meneladani kepribadian Khalifah Umar bin Khattab r.a. dalam kehidupan sehari-hari. Membiasakan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, tegas, dan peduli dalam kehidupan sehari- hari sebagai implementasi meneladani kepribadian Khalifah Umar bin Khattab r.a. - Observasi - Penilaian Diri - Penilaian Antar Teman - Jurnal Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.3 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab r.a. Umar Bin Khattab Sang Pemberani Mengamati: - Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita yang relevan dengan materi pembelajaran. Menanya: - Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita. Mengeksplorasi: - Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat. - Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab. - Mengidentifikasi kepribadian, perjuangan, dan nilai-nilai positif khalifah Umar bin Khattab r.a. untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari. - Mendiskusikan materi pembelajaran. Mengasosiasi: - Merumuskan hasil - Tes lisan - Tes tertulis - Penugasan 8 JP - Al Quran dan Terjemah Kemenag RI - Buku SKI MI Kelas V - Buku Penunjang - Poster/ gambar - VCD Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 4.3 Menceritakan kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam. diskusi. - Menganalisis kepribadian, perjuangan, dan nilai-nilai positif khalifah Umar bin Khattab r.a. untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari. - Mengembangkan sikap yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari. - Bersama-sama membuat kesimpulan. Mengkomunikasi: - Menyebutkan secara lisan/ tertulis contoh- contoh kepribadian, perjuangan, dan nilai positif khalifah Umar bin Khattab r.a. - Mempresentasikan hasil diskusi. - Bercerita secara lisan/ tertulis tentang kepribadian Umar bin Khattab r.a. dan perjuangannya dalam dakwah Islam. - Menunjukkan sikap meneladani khalifah Umar bin Khattab r.a. - Melakukan refleksi. - Unjuk Kerja - Projek - Produk - Portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar