Entri yang Diunggulkan

peran karangtaruna dalam menanggulangi wabah covid-19

EDUKASI DAN PERAN KARANGTARUNA DALAM MENANGGULANGI BAHAYA WABAH COVID-19 DI DESA JATIREJO Desa Jatirejo adalah desa yang terletak di sebel...

Sabtu, 16 Desember 2017

SILABUS AKIDAH AKHLAK KELAS 5

SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Akidah Akhlak Kelas : 5 (Lima) Semester : 1 (Satu)/Ganjil Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Meyakini kebesaranAllah SWT. melalui kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar). Membimbing sikap terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar). • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.1 Terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar)sesuai ketentuan syar’i. Membimbing untuk membiasakan mengucapkan hamdalah bila mendapatkan nikmat dari Allah SWT dan terbiasa mengucapkan takbir bila mengetahui sesuatu yang luar biasa. • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.1 Memahami Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al- kalimat thayyibah (al- hamdulillah dan Mengamati • Mengamati gambar dan lafal kalimat thayyibah (al- • Tes lisan • Tes tertulis 2 TM (4 x 35) • Buku Pedoman hamdulillah dan Allahu Akbar). 4.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) Allahu Akbar). hamdulillah dan Allahu Akbar). • Mengamati video orang difabel dan kejadian luar biasa Menanya • Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari Mengekplorasi • Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati. • Berdiskusi tentang arti dan hikmah membaca kalimat thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar). Mengasosiasi • Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dan dihubungkan dengan materi lain. Mengkomunikasikan • Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari • Penugasan • Unjuk kerja • Proyek • portofolio Menit Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 • Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 1.2 Meyakini Allah SWT memiliki al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi. Membimbing dan membiasakan yang mencerminkan dari al- Asma’ al-husna al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi . • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian - - Sejawat • Jurnal/Catatan 2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al- Asma’ al-husna’ (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi). Membimbing untuk membiasakan melakukan perbuatan yang mencerminkan al-Asma’ al-husna’ (al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi). • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.2 Mengenal Allah SWT melalui sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni) 4.2. Melafalkan al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni) dan artinya al-Asma’ al- husna (ar- Razzaq, al- Fattah, asy- Syakur, al- Mughni) Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni).  Peserta didik mengamati video tentang kehidupan dilautan, kehidupan anak jalanan, orang yang kaya Menanya • Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan video tentang al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni). • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 4 TM (8 x 35) Menit • Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 • Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni)  Peserta didik mencari contoh dalam kehidupan yang sesuai dengan al- Asma’ al-husna (ar- Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni). Mengasosiasi  Peserta didik menghubungkan pemahamannya tentang al- Asma’ al-husna (ar- Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni) dengan materi lain.  Peserta didik membuat kesimpulan contoh-contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni). Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan contoh-contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al- • Unjuk kerja • Proyek • portofolio Fattah, asy-Syakur, al- Mughni). 1.3 Menghayati akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Membimbing dan menunjukkan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.3 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing untuk membiasakan ber perilaku/akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.3 Memahami akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. 4.3 Mensimulasikan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga. Akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat  Peserta didik mengamati video/slide tentang adab bertetangga dan bermasyarakat Menanya  Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan adab bertetangga dan bermasyarakat • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 2 TM (4 x 35) Menit • Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 • Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan adab bertetangga dan bermasyarakat Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat • Unjuk kerja • Proyek • portofolio RI, 2015 1.4 Menghayati ketentuan untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Membimbing dan menunjukkan sikap tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.4 Membiasakan diri untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari- hari Membimbing untuk membiasakan ber perilaku/akhlak tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.4 Memahami akhlak tercela pesimis, bergantung, serakah, Sikap tercela pesimis, bergantung, Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 4 TM (8 x 35) Menit • Buku Pedoman Guru dan putus asa serta cara menghindarinya. 4.4 Mensimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum. serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa  Peserta didik mengamati video/slide tentang orang pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menanya  Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dan contohnya . Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan pengertian sikap sikap tercela • Unjuk kerja • Proyek • portofolio Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 • Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa 1.5. Menghayati sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal Membimbing dan menunjukkan sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.5. Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari- hari. Membimbing dan membiasakan ber perilaku/akhlak teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.5 Memahami sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari. 4.5 Menyajikan contoh sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari- hari. Sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal  Peserta didik mengamati video/slide tentang sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal Menanya  Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene- mukan pengertian sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal. Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap teguh pendirian dan dermawan, . 5 TM (10 x 35) Menit • Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 • Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015 Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Akidah Akhlak Kelas : V (lima) Semester : II (dua)/Genap SILABUS PEMBELAJARAN Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Meyakini sifat-sifat Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (Tarji’). Menunjukkan sikap yakin bahwa semua kejadian datang dari Allah SWT. Membimbing dan membiasakan membaca kalimat Thayyibah (Tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar berita duka • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.1 Terbiasa mengucapkan kalimat Thay- yibah(Tarji’) sesuai ketentuan syar’i Menunjukkan dan mengajak teman untuk mengucapkan kalimat Thayyibah (al-tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar musibah Membimbing untuk membiasakan mengucapkan kalimat Thayyibah (al- tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar musibah • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.1 Mengenal Allah SWT melalui kalimat tayyibah (Tarji’). 3.1.1 Menjelaskan makna lafal kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). 3.1.2 Menunjukkan waktu mengucap kalimat thayyibah tayyibah Kalimat tayyibah (Tarji’). Mengamati • Mengamati gambar dan lafal kalimat tayyibah (Tarji’). • Mengamati video bencana alam Menanya • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 2 TM (4 x 35) Menit • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah (Tarji’). 3.1.3 Menerjemahkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). 3.1.4 Menjelaskan hikmah mengucap kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). 4.1.1 Menuliskan kalimat thayyibah ( tayyibah (Tarji’). 4.1.3 Menghafalkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). • Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari Mengekplorasi • Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati. • Berdiskusi tentang arti dan hikmah mengucapkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). Mengasosiasi • Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dan dihubungkan dengan materi lain. Mengkomunikasikan • Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari • Mendemonstrasikan pelafalan kalimat thayyibah ( tayyibah (Tarji’). Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 • Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 4.1 Melafalkan kalimat hayyibah (Tarji’) dan maknanya Melafalkan kalimat hayyibah (Tarji’) dan maknanya Kalimat hayyibah (Tarji’) dan maknanya Membimbing dan mempraktikkan lafal kalimat hayyibah (Tarji’) dan maknanya • Unjuk Kerja • Proyek • Portofolio - - 2.2 Membiasakan diri Menunjukkan dan mengajak Membimbing untuk • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - berperilaku positif sebagai teman untuk menunjukkan membiasakan melakukan implementasi dari sifat yang mencerminkan al- perbuatan yang mencerminkan pemahaman mengenai Asma’ al-husna’ (al-Muhyi, al- al-Asma’ al-husna’ (al-Muhyi, sifat-sifat Allah SWT. Mumit dan al-Baqi). al-Mumit dan al-Baqi). yang terkandung dalam al- Asma’ al-husna’ (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi). 1.2 Meyakini Allah SWT memiliki al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi. Menunjukkan sikap yang mencerminkan dari al-Asma’ al- husna al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi. Membimbing dan membiasakan yang mencerminkan dari al- Asma’ al-husna al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi . • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.2. Mengenal Allah SWT melalui sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi) 3.2.1 Menjelaskan makna lafal al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) 3.2.2 Menunjukkan contoh perbuatan atau kejadian yang mencerminkan dari al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) 3.2.3 Menulis dan menerjemahkan arti al- Asma’ al-husna (al- al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al- Baqi) Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian al-Asma’ al- husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi).  Peserta didik mengamati video tentang tanah yang gersang menjadi subur karena tersiram air hujan, kematian manusia, hancurnya alam semesta • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 3 TM (6 x 35) Menit • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) Menanya  Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan video tentang al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi). Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian al-Asma’ al- husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi).  Peserta didik mencari contoh dalam kehidupan yang sesuai dengan al- Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi). Mengasosiasi  Peserta didik menghubungkan pemahamannya tentang al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) dengan materi lain.  Peserta didik membuat kesimpulan contoh- contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- • Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 Baqi). Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan hasil kerjanya tentang contoh- contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi). 4.2 Melafalkan sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al- Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) Melafalkan al-Asma’ al- husna (al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi) al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al- Baqi) Mempraktikkan membaca al- Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi) • Unjuk Kerja • Proyek • Portofolio - - 1.3 Menghayati akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Menunjukkan sikap/ akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing dan menunjukkan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.3 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Menunjukkan perilaku/akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing untuk membiasakan ber perilaku/akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.3 Memahami akhlak yang baik dalam hidup Menjelaskan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan Akhlak yang baik dalam hidup Mengamati • Tes lisan • Tes tertulis 2 TM (4 x 35) • Buku Pedoma bertetangga dan bermasyarakat. bermasyarakat bertetangga dan bermasyarakat  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat  Peserta didik mengamati video/slide tentang adab bertetangga dan bermasyarakat Menanya  Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan adab bertetangga dan bermasyarakat Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan adab bertetangga dan bermasyarakat Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang • Penugasan Menit n Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 • Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 adab bertetangga dan bermasyarakat 4.3 Mensimulasikan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Menunjukkan contoh perilaku yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Perilaku yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Mensimulasikan ber perilaku yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Unjuk Kerja • Proyek • Portofolio - - 1.4 Menghayati ketentuan untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menunjukkan sikap tidak memiliki sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. Membimbing dan menunjukkan sikap tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 2.4 Membiasakan diri untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan perilaku /akhlak tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. Membimbing untuk membiasakan ber perilaku/akhlak tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.4 Memahami akhlak tercela Memahami sikap tercela Sikap tercela Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa  Peserta didik mengamati video/slide tentang orang pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menanya  Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan sikap tercela pesimis, • Tes lisan 4 TM • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 • Buku Peganga n Siswa pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya. pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya pesimis, bergantung, serakah, dan putus • Tes tertulis • Penugasan (8 x 35) Menit asa serta cara menghindarinya bergantung, serakah, dan putus asa Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dan contohnya . Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 4.4 Menyajikan contoh cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Membimbing dan memberi contoh cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa • Unjuk Kerja • Proyek • Portofolio - - 1.5 Menghayati ketentuan untuk menghindari sifat kikir dan serakah Menghayati hikmah menghindari sifat kikir dan serakah Membimbing dan menunjukkan tidak memiliki sifat kikir dan serakah • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat - - • Jurnal/Catatan 2.5 Membiasakan diri untuk menghindari sifat kikir dan serakah Menunjukkan perilaku /akhlak tidak kikir dan serakah Membimbing untuk membiasakan ber perilaku/akhlak tidak kikir dan serakah • Observasi • Penilaian Diri • Penilaian Sejawat • Jurnal/Catatan - - 3.5 Mengetahui sifat kikir dan serakah melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan perilaku menghindari sifat kikir dan serakah Menghindari sifat kikir dan serakah Mengamati  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sifat kikir dan serakah  Peserta didik mengamati video/slide tentang orang yang kikir dan serakah Menanya  Peserta didik menanyakan hal-hal yg terkait dengan sifat kikir dan serakah Mengekplorasi  Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian sifat kikir dan serakah serta contohnya Mengasosiasi  Peserta didik membuat kesimpulan tentang sifat kikir dan serakah serta contohnya • Tes lisan • Tes tertulis • Penugasan 2 TM (4 x 35) Menit • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 • Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015 Mengkomunikasikan  Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang sifat kikir dan serakah serta contohnya 4.5 Menceritakan kisah Qarun sebagai rujukan untuk menghindari sifat kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan contoh sifat kikir dan serakah Sifat kikir dan serakah Membimbing dan memberi contoh Sifat kikir dan serakah • Unjuk Kerja • Proyek • Portofolio - -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar