Entri yang Diunggulkan
peran karangtaruna dalam menanggulangi wabah covid-19
EDUKASI DAN PERAN KARANGTARUNA DALAM MENANGGULANGI BAHAYA WABAH COVID-19 DI DESA JATIREJO Desa Jatirejo adalah desa yang terletak di sebel...
Sabtu, 16 Desember 2017
SILABUS AKIDAH AKHLAK KELAS 5
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Akidah Akhlak Kelas : 5 (Lima)
Semester : 1 (Satu)/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Meyakini
kebesaranAllah SWT. melalui kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar). Membimbing sikap terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar). • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.1 Terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al- hamdulillah dan Allahu Akbar)sesuai ketentuan syar’i. Membimbing untuk membiasakan mengucapkan hamdalah bila mendapatkan nikmat dari Allah SWT dan terbiasa mengucapkan takbir bila mengetahui sesuatu yang luar biasa. • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.1 Memahami Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al- kalimat thayyibah (al- hamdulillah dan Mengamati
• Mengamati gambar dan lafal kalimat thayyibah (al- • Tes lisan
• Tes tertulis 2 TM
(4 x 35) • Buku Pedoman
hamdulillah dan Allahu Akbar).
4.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) Allahu Akbar). hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Mengamati video orang difabel dan kejadian luar biasa
Menanya
• Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
• Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati.
• Berdiskusi tentang arti dan hikmah membaca kalimat thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
Mengasosiasi
• Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dan dihubungkan dengan materi lain.
Mengkomunikasikan
• Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari • Penugasan
• Unjuk kerja
• Proyek
• portofolio Menit Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
• Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
1.2 Meyakini Allah SWT
memiliki al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi. Membimbing dan membiasakan
yang mencerminkan dari al- Asma’ al-husna al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi . • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian - -
Sejawat
• Jurnal/Catatan
2.2 Membiasakan diri
berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al- Asma’ al-husna’ (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi). Membimbing untuk membiasakan
melakukan perbuatan yang mencerminkan al-Asma’ al-husna’ (al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi). • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.2 Mengenal Allah SWT
melalui sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni)
4.2. Melafalkan al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni) dan artinya al-Asma’ al-
husna (ar- Razzaq, al- Fattah, asy- Syakur, al- Mughni) Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni).
Peserta didik mengamati video tentang kehidupan dilautan, kehidupan anak jalanan, orang yang kaya
Menanya
• Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan video tentang al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni).
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 4 TM
(8 x 35)
Menit • Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
• Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
Mengekplorasi
Peserta didik
mencari/mene-mukan pengertian al-Asma’ al- husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni)
Peserta didik mencari contoh dalam kehidupan yang sesuai dengan al- Asma’ al-husna (ar- Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni).
Mengasosiasi
Peserta didik
menghubungkan pemahamannya tentang al- Asma’ al-husna (ar- Razzaq, al-Fattah, asy- Syakur, al-Mughni) dengan materi lain.
Peserta didik membuat kesimpulan contoh-contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al- Fattah, asy-Syakur, al- Mughni).
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan contoh-contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (ar-Razzaq, al-
• Unjuk kerja
• Proyek
• portofolio
Fattah, asy-Syakur, al- Mughni).
1.3 Menghayati akhlak
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Membimbing dan menunjukkan
akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.3 Membiasakan akhlak
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing untuk membiasakan
ber perilaku/akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.3 Memahami akhlak yang
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat.
4.3 Mensimulasikan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga. Akhlak yang
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Peserta didik mengamati video/slide tentang adab bertetangga dan bermasyarakat
Menanya
Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan adab bertetangga dan bermasyarakat
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 2 TM
(4 x 35)
Menit • Buku
Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
• Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag
Mengekplorasi
Peserta didik
mencari/mene-mukan adab bertetangga dan bermasyarakat
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat
• Unjuk kerja
• Proyek
• portofolio RI, 2015
1.4 Menghayati ketentuan
untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Membimbing dan menunjukkan
sikap tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.4 Membiasakan diri untuk
menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari- hari Membimbing untuk membiasakan
ber perilaku/akhlak tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.4 Memahami akhlak
tercela pesimis, bergantung, serakah, Sikap tercela
pesimis, bergantung, Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang • Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 4 TM
(8 x 35)
Menit • Buku
Pedoman Guru
dan putus asa serta cara menghindarinya.
4.4 Mensimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum. serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Peserta didik mengamati video/slide tentang orang pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Menanya
Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Mengekplorasi
Peserta didik
mencari/mene-mukan pengertian sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dan contohnya
.
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan pengertian sikap sikap tercela
• Unjuk kerja
• Proyek
• portofolio Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
• Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
1.5. Menghayati sikap teguh
pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal Membimbing dan menunjukkan
sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.5. Membiasakan sikap
teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari- hari. Membimbing dan membiasakan
ber perilaku/akhlak teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.5 Memahami sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan contoh sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari- hari.
Sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal
Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal
Peserta didik mengamati video/slide tentang sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal
Menanya
Peserta didik menanya hal- hal yg terkait dengan sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal
Mengekplorasi
Peserta didik mencari/mene- mukan pengertian sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap teguh
pendirian dan dermawan,
. 5 TM
(10 x 35)
Menit
• Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
• Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemenag RI, 2015
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran : Akidah Akhlak Kelas : V (lima)
Semester : II (dua)/Genap
SILABUS PEMBELAJARAN
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Meyakini sifat-sifat Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (Tarji’). Menunjukkan sikap yakin bahwa semua kejadian datang dari Allah SWT. Membimbing dan membiasakan membaca kalimat Thayyibah (Tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar berita duka • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.1 Terbiasa mengucapkan kalimat Thay- yibah(Tarji’) sesuai ketentuan syar’i Menunjukkan dan mengajak teman untuk mengucapkan kalimat Thayyibah (al-tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar musibah Membimbing untuk membiasakan mengucapkan kalimat Thayyibah (al- tarji’) bila mendapatkan cobaan atau mendengar musibah • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.1 Mengenal Allah SWT melalui kalimat tayyibah (Tarji’). 3.1.1 Menjelaskan makna lafal kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’).
3.1.2 Menunjukkan waktu mengucap kalimat thayyibah tayyibah Kalimat tayyibah (Tarji’). Mengamati
• Mengamati gambar dan lafal kalimat
tayyibah (Tarji’).
• Mengamati video bencana alam
Menanya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 2 TM
(4 x 35)
Menit • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah
(Tarji’).
3.1.3 Menerjemahkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’).
3.1.4 Menjelaskan hikmah mengucap kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’).
4.1.1 Menuliskan kalimat thayyibah ( tayyibah (Tarji’).
4.1.3 Menghafalkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’). • Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
• Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati.
• Berdiskusi tentang arti dan hikmah mengucapkan kalimat thayyibah tayyibah (Tarji’).
Mengasosiasi
• Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dan dihubungkan dengan materi lain.
Mengkomunikasikan
• Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari
• Mendemonstrasikan pelafalan kalimat thayyibah ( tayyibah (Tarji’). Akhlak MI
kelas 5, Kemena g RI, 2015
• Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015
4.1 Melafalkan kalimat
hayyibah (Tarji’) dan maknanya Melafalkan kalimat hayyibah
(Tarji’) dan maknanya Kalimat
hayyibah (Tarji’) dan maknanya Membimbing dan mempraktikkan lafal
kalimat hayyibah (Tarji’) dan maknanya • Unjuk Kerja
• Proyek
• Portofolio - -
2.2 Membiasakan diri Menunjukkan dan mengajak Membimbing untuk • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
berperilaku positif sebagai teman untuk menunjukkan membiasakan melakukan
implementasi dari sifat yang mencerminkan al- perbuatan yang mencerminkan
pemahaman mengenai Asma’ al-husna’ (al-Muhyi, al- al-Asma’ al-husna’ (al-Muhyi,
sifat-sifat Allah SWT. Mumit dan al-Baqi). al-Mumit dan al-Baqi).
yang terkandung dalam al-
Asma’ al-husna’ (al-
Muhyi, al-Mumit dan al-
Baqi).
1.2 Meyakini Allah SWT memiliki al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi. Menunjukkan sikap yang mencerminkan dari al-Asma’ al- husna al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi. Membimbing dan membiasakan yang mencerminkan dari al- Asma’ al-husna al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi . • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.2. Mengenal Allah SWT melalui sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al-Mumit dan al-Baqi) 3.2.1 Menjelaskan makna lafal al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi)
3.2.2 Menunjukkan contoh perbuatan atau kejadian yang mencerminkan dari al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi)
3.2.3 Menulis dan
menerjemahkan arti al- Asma’ al-husna (al- al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al- Baqi) Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian al-Asma’ al- husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi).
Peserta didik mengamati video tentang tanah yang gersang menjadi subur karena tersiram air hujan, kematian manusia, hancurnya alam semesta • Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 3 TM
(6 x 35)
Menit • Buku Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015
Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi)
Menanya
Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan video tentang al-Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi).
Mengekplorasi
Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian al-Asma’ al- husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi).
Peserta didik mencari contoh dalam kehidupan yang sesuai dengan al- Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi).
Mengasosiasi
Peserta didik menghubungkan pemahamannya tentang al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) dengan materi lain.
Peserta didik membuat kesimpulan contoh- contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- • Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015
Baqi).
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan
menyampaikan hasil kerjanya tentang contoh- contoh dalam dunia yang ada kaitannya dengan al-Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi).
4.2 Melafalkan sifat-sifat
Allah SWT yang terkandung dalam al- Asma’ al-husna (al- Muhyi, al-Mumit dan al- Baqi) Melafalkan al-Asma’ al-
husna (al-Muhyi, al-Mumit dan
al-Baqi) al-Asma’ al-husna
(al-Muhyi, al- Mumit dan al- Baqi) Mempraktikkan membaca al-
Asma’ al-husna (al-Muhyi, al- Mumit dan al-Baqi) • Unjuk Kerja
• Proyek
• Portofolio - -
1.3 Menghayati akhlak yang
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Menunjukkan sikap/ akhlak
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing dan menunjukkan
akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.3 Membiasakan akhlak yang
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Menunjukkan perilaku/akhlak
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Membimbing untuk
membiasakan ber perilaku/akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.3 Memahami akhlak yang
baik dalam hidup Menjelaskan akhlak yang baik
dalam hidup bertetangga dan Akhlak yang baik
dalam hidup Mengamati • Tes lisan
• Tes tertulis 2 TM
(4 x 35) • Buku
Pedoma
bertetangga dan bermasyarakat. bermasyarakat bertetangga dan bermasyarakat Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Peserta didik mengamati video/slide tentang adab bertetangga dan bermasyarakat
Menanya
Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan adab bertetangga dan bermasyarakat
Mengekplorasi
Peserta didik mencari/mene-mukan adab bertetangga dan bermasyarakat
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang adab bertetangga dan bermasyarakat
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang • Penugasan Menit n Guru Mapel Akidah Akhlak MI
kelas 5, Kemena g RI, 2015
• Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015
adab bertetangga dan bermasyarakat
4.3 Mensimulasikan akhlak
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Menunjukkan contoh perilaku
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Perilaku yang
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat Mensimulasikan ber perilaku
yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat • Unjuk Kerja
• Proyek
• Portofolio - -
1.4 Menghayati ketentuan
untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menunjukkan sikap tidak
memiliki sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. Membimbing dan menunjukkan
sikap tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
2.4 Membiasakan diri untuk
menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan perilaku /akhlak
tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. Membimbing untuk
membiasakan ber perilaku/akhlak tidak pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa. • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.4 Memahami akhlak tercela Memahami sikap tercela Sikap tercela Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Peserta didik mengamati video/slide tentang orang pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Menanya
Peserta didik menanya hal-hal yg terkait dengan sikap tercela pesimis, • Tes lisan 4 TM • Buku
Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI
kelas 5, Kemena g RI, 2015
• Buku Peganga n Siswa
pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya. pesimis, bergantung, serakah,
dan putus asa serta cara menghindarinya pesimis,
bergantung, serakah, dan putus • Tes tertulis
• Penugasan (8 x 35)
Menit
asa serta cara
menghindarinya
bergantung, serakah, dan putus asa
Mengekplorasi
Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dan contohnya
.
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan pengertian sikap sikap tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Mapel Akidah Akhlak MI
kelas 5, Kemena g RI, 2015
4.4 Menyajikan contoh cara
menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan cara
menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Menghindari sifat
pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa Membimbing dan memberi contoh cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa • Unjuk Kerja
• Proyek
• Portofolio - -
1.5 Menghayati ketentuan
untuk menghindari sifat kikir dan serakah Menghayati hikmah
menghindari sifat kikir dan serakah Membimbing dan menunjukkan
tidak memiliki sifat kikir dan serakah • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat - -
• Jurnal/Catatan
2.5 Membiasakan diri untuk
menghindari sifat kikir dan serakah Menunjukkan perilaku /akhlak
tidak kikir dan serakah Membimbing untuk
membiasakan ber perilaku/akhlak tidak kikir dan serakah • Observasi
• Penilaian Diri
• Penilaian Sejawat
• Jurnal/Catatan - -
3.5 Mengetahui sifat kikir
dan serakah melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan perilaku
menghindari sifat kikir dan serakah Menghindari sifat
kikir dan serakah Mengamati
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sifat kikir dan serakah
Peserta didik mengamati video/slide tentang orang yang kikir dan serakah
Menanya
Peserta didik menanyakan hal-hal yg terkait dengan sifat kikir dan serakah
Mengekplorasi
Peserta didik mencari/mene-mukan pengertian sifat kikir dan serakah serta contohnya
Mengasosiasi
Peserta didik membuat kesimpulan tentang sifat kikir dan serakah serta contohnya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Penugasan 2 TM
(4 x 35)
Menit • Buku
Pedoma n Guru Mapel Akidah Akhlak MI
kelas 5, Kemena g RI, 2015
• Buku Peganga n Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 5, Kemena g RI, 2015
Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat kesimpulan dan menyampaikan tentang sifat kikir dan serakah serta contohnya
4.5 Menceritakan kisah Qarun
sebagai rujukan untuk menghindari sifat kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan contoh sifat
kikir dan serakah Sifat kikir dan
serakah Membimbing dan memberi
contoh Sifat kikir dan serakah • Unjuk Kerja
• Proyek
• Portofolio - -
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar